Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

Asal-Usul Sejarah Orang-Orangan Sawah

Orang-orangan sawah adalah replika manusia yang di tempatkan di atas tanah yang tengah di budidayakan di ,sawah, kebun, dan di ladang. Yang di maksud untuk menakut-nakuti burung atau binatang lainya yang akan memakan padi atau tanaman yang ada di kebun atau ladang petani.
fungsi orang orangan sawah secara umum, fungsi utama dari orang-orangan sawah adalah sebagai media bagi petani untuk menjaga tanaman budidayanya dari serangan hama petani khususnya burung - burung seperti burung pipit,gagak dan sebagainya.Dapat di katakan bahwa orang oranagan sawah presfektif sosiologi.

-Teori sosiologi yang relevan untuk mengkaji orang orangan sawah adalah " Interaksi Simbolik " buah pikiran dari George H.Mead . Tteori ini menyatakan bahwa manusia kerap kali menggunakan simbol-simbol di dalam interaksi sosial, Dengan demikian dapat di katakan bahwa orang -orangan sawah merupakan suatu simbol yang di gunakan petani untuk berinteraksi dengan burung serta hama petani lainya.


simbol ini (orang -orangan sawah ) mengandung makna atau pesan yang ingin di sampaikan petani yaitu agar mereka menjauhi tanaman budidaya miliknya.

-Presfektif Studi Komunikasi
Di dalam studi ilmu komunikasi,orang-orangan sawah dapat di kaji dengan konsep "komunikasi Nonverbal", Komunikasi ini merujuk pada proses komunikasi yang di lakukan tanpa menggunakan channel (saluran) lisan dan tulisan.meminjam kategorisasi bentuk-bentuk komunikasi nonverbal Jurgen Ruesch , Maka orang -orangan sawah dapat di kategorikan sebagai bahsa atau objek-objek yang di gunakan untuk membahasakan suatu atau menyampaikan pesan secara simbolis.Dengan demikian dapat di katakan bahwa orang-orangan sawah merupakan bahasa atau objek yang di jadikan media bagi petani untuk menyampaian pesan kepada satwa-satwa pemangsa tanamanya.


Meski dalam hal ini orang-orangan sawah pada hakikatnya menunjukan makna " Pengusiran " akan tetapi satwa-satwa memaknainya sebagai pengusiran karena menganggapnya sebagai sosok petani yang mereka takuti.


-Orang-orangan Sawah di penjuru dunia
Orang -orangan sawah terdapat hampir di seluruh peradaban agraris di dunia.Akan tetapi bentuk dan spesifikasinya berbeda -beda sesuai dengan kultur kebudayaan masing-masing.


Nama Nama sebutan bagi orang-orangan sawah di seluruh dunia antara lain :

1.Memedi Manuk (Jawa)
2.Beubegig (Sunda)
3.Kakashi (Jepang)
4.Nuffara (Malta)
5.Epouvantail (Francis)
6.Spaventapasseri (Italia). dll


Itulah sejarah orang-orangan sawah yang terkadang mungkin jaman sekarang sudah tidak di kenal atau pun tidak semua orang tau. sekian pengetahuan dari saya. Terima Kasih

Komentar