Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

10 Tempat Wisata Garut Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Garut adalah sebuah kota kecil di wilayah Provinsi Jawa Barat. Masyarakatnya tersebar di 42 Kecamatan yang terbagi dalam 3 zona, yaitu Garut Utara, Garut Kota dan Garut Selatan. Masing-masing zona memiliki kekayaan budaya, kuliner dan objek wisata dengan daya tarik tersendiri. Penduduknya terkenal sopan,santun dan ramah, namun tidak boleh dianggap remeh.

Tempat wisata di Garut bisa di sebut lengkap. Mulai dari tempat wisata ziarah, tempat wisata belanja, tempat wisata keluarga, tempat wisata edukasi dan kesenian, tempat wisata alam sampai wisata kuliner semuanya ada di Garut. Selain memiliki berbagai jenis destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan, Garut juga sangat terkenal dengan produk kerajinan kulit Sukaregang seperti jaket,tas dan batu akik hijau Garut dari Kecamatan Bungbulang yang sudah mendunia.

Tidak hanya itu, di Garut juga terdapat pentas seni unik Domba Catwalk yaitu peragaan busana Domba Garut,serta adu ketangkasan domba Garut dan kuliner khas Garut yakni cochodot, dorokdok dan dodol Garut. Jika Anda sedang belibur ke kota Intan Garut, tempat-tempat wisata di Garut berikut ini bisa jadi referensi untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga tercinta.

10 Tempat Wisata Garut Yang Tidak Boleh Terlewatkan Diantaranya :

1. Gunung Cikuray, Negeri di atas awan gunung tertinggi di Garut
Tempat wisata alam di Garut ini sudah sangat terkenal di kalangan pendaki gunug dan pecinta alam nusantara. Gunung tertinggi di Garut ini memiliki keindahan yang luar biasa. Ketinggiannya mencapai 2.818 mdpl, ada juga yang menyebutnya 2.821 mdpl (plus bangunan di atas puncak Cikuray setinggi 3 m). terlihat dari puncak Cikuray adalah garis pantai Selatan, gunung Papandayan, Kawah Kamojang, Kota Garut, gunung Slamet dan gunung Ciremai.

Jika cuaca sedang cerah, tempat wisata di Garut yang satu ini akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, yakni hamparan awan yang menggumpal seperti samudera. Tidak heran kalau banyak pendaki yang menyebutnya samudera di atas awan dan negeri di atas awan. Tempat wisata alam di Garut ini bisa ditempuh lewat jalur pemancar Cilawu, jalur pendakian Bayongbong dan jalur pendakian via Cikajang.

2. Tebing Alam Batu Tumpang yang menantang
 Tebing Batu Tumpang berada tidak jauh dari Pasar Cikajang. Jika Anda hendak berwisata ke Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang di Pameungpeuk dari jalur Cikajang pasti lewat ke tempat wisata di Garut yang satu ini. Letaknya berada di pinggir jalan, jadi tidak akan sulit ditemukan. Di bawah tebing, tepatnya di seberang jalan banyak warung-warung yang menyajikan aneka cemilan dan makanan khas Sunda dengan harga yang murah meriah. Landscape alam di sekitar Batu Tumpang agak mirip dengan pemandangan di Puncak Bogor.

Tebing ini biasa digunakan untuk latihan rock climbing. Pada akhir pekan atau hari libur, banyak pecinta alam yang datang ke tempat wisata di Garut yang satu ini.

3. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan yang sangat bersahabat dengan pendaki pemula
 Taman Wisata Alam Gunung Papandayan memiliki beberapa spot menarik untuk di eksplor, yaitu Kawah Papandayan, camping ground Pondok Saladah, Hutan Mati, Tegal Alun, Tegal Panjang dan objek-objek lain yang belum dikembangkan. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Jalur pendakiannya landai dan sangat bersahabat dengan pendaki pemula. Tempat wisata di Garut tidak pernah sepi pengunjung, bila musim libur tiba, banyak pendaki dari luar kota yang muncak ke gunung yang indah ini.

Gunung Papandayan terletak di Cisurupan Garut, aksesnya mudah dijangkau karena banyak angkutan umum seperti bus, elf dan angkot yang lewat pintu gerbang menuju gunung Papandayan.

4. Pantai Santolo Pameungpeuk Garut
Pantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata di Garut dengan kategori wisata alam pantai yang sangat terkenal. Lokasinya berada di Garut Selatan, tepatnya di Kecamatan Cikelet, Pameungpeuk. Tempat wisata di Garut yang satu ini menawarkan panorama alam yang sangat mempesona. Jalan menuju Pantai Santolo dari arah Garut, Tasik atau Bandung cukup bagus dan lebar. Namun Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berbelok-belok.

Di sekitar Pantai Santolo tersedia fasilitas penginapan dengan harga yang cukup murah meriah. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di pantai Santolo diantaranya berenang di tepi pantai, bermain banana boat, bakar ikan segar, menyeberang ke pulau Santolo dan lain-lain.

5. Situ Bagendit, Danau Cantik di Banyuresmi
Situ Bagendit terletak di Kecamatan Banyuresmi, jaraknya tidak jauh dari terminal Guntur Garut. Situ Bagendit adalah tempat wisata di Garut yang cocok untuk liburan keluarga. Wahana permainan yang tersedia di Situ Bagendit antara lain rakit dan perahu angsa. Tempat wisata di Garut ini menyediakan fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, wc, mushola dan tempat-tempat duduk untuk bersantai. 

6. Kawah Kamojang Samarang
Pemandangan di kawah Kamojang tidak kalah menarik dari kawah Papandayan. Kawah Kamojang terletak di daerah Samarang, Garut, yang berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl. Suhu udara di sini cukup dingin. Kawah Kamojang pertama kali dibangun pada tahun 1926 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1983. Kawah ini dikelola oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Selain dapat menyaksikan panorama alam yang indah, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Curug Madi, Danau Ciharus dan camping ground Kamojang yang menyajikan wahana permainan outbond.
 
7. Pantai Sayang Heulang di Garut Selatan
Tempat wisata di Garut selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah pantai Sayang Heulang. Lokasinya berdekatan dengan pantai Santolo. Jika Anda berlayar menggunakan perahu nelayan dari Pantai Santolo lewat muara sungai, akan sampai di Pantai Sayang Heulang. Pantai Sayang Heulang memiliki bentang pantai yang panjang dan luas. Udara di tepi pantai cukup teduh karena ada banyak tumbuhan khas laut yang daunnya rindang. Ombak di pantai Sayang Heulang tergolong besar, sehingga kurang cocok untuk aktifitas berenang.

Jika Anda menginap di pantai Sayang Heulang, jangan lewatkan pemandangan senja yang sangat menakjubkan, yaitu saat tenggelamnya matahari atau biasa kita sebut (sunset).

8. Curug Citiis di kaki Gunung Guntur
Kalau Anda mendaki gunung Guntur, pasti bertemu dengan Curug Citiis. Udara di Curug Citiis sangat sejuk karena berada di antara peponan yang rindang. Selain menjadi tempat singgah pendaki gunung Guntur, tempat wisata di Garut ini sering dikunjungi oleh warga sekitar pada hari-hari libur. Kalau hari libur biasanya di tempat ini suka ada pedagang makanan.

Jadi kalau sudah puas mandi di curug dan merasa kedinginan, bisa langsung menyantap aneka gorengan hangat dan kopi panas yang dijual tidak jauh dari air terjun. Namun pada hari-hari biasa, jangan berharap banyak bisa menemukan pedagang di sekitar tempat wisata ini. 

9. Pemandian air panas Cipanas Tarogong Garut
Air Panas Cipanas terletak sekitar 6 KM dari kota Garut dan 50 KM dari kota Bandung. Cipanas adalah nama daerah di daerah Tarogong Garut yang terkenal memiliki tempat pemandian air panas alami. Setiap harinya Air Panas Cipanas banyak dikunjungi wisatawan baik yang menginap maupun yang hanya ingin beristirahat sejenak. Air Panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu fasilitas di daerah ini juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata.

10. Candi Cangkuang Leles
Candi Cangkuang adalah tempat wisata di Garut yang berlokasi di Kecamatan Leles. Tempat wisata di Garut yang sering dikunjungi wisatawan dari Garut, Jakarta, Bandung, Bogor, dan kota-kota lainya di Jawa Barat. Candi Cangkuang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk dapat mencapai Candi Cangkuang, Anda harus menaiki rakit untuk menyeberangi Situ Cangkuang dengan biaya 2.000 rupiah.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata garut yang jangan anda lewati karena garut ialah kota kecil tapi sejuta keindahan. Teerimakasih dan selamat berkunjung.

Komentar