Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

5 Alasan Untuk Tidak Melarang anak Mencorat-Coret

Sebagian besar orang tua pernah menemukan "kekacawan" berupa coretan di dinding,wajah penuh lipstik,cat berceceran di baju ,lantai, dan perabotan rumah.kesal,pasti. Namun bukan berarti harus marah. karena sesungguhnya kekacawan itu di sebabkan proses kreatif anak yang terus berkembang . Dinding bisa di cet ulang, lantai bisa di bersihkan , Namun proses belajar tidak bisa tergantikan.

Tidak seperti orang dewasa , kebanyakan balita dan anak prasekolah tidak betul betul menyadari apa yang mereka lakukan atau fokus membuat sebuah produk." Hal ini terkadang sulit di terima orang tua" Kata Lisa ecklund florest, Salah satu pendiri dan direktur exsekutif sekolah musik dan seni Church street di New York. Namun membiarkan dan memungkinkan anak anak untuk menikmati proses penciptaan, Besar manfaatnya.

Berikut Lima Manfaat yang di peroleh anak dari kegiatan mencurat coret :

1.Membuat keputusan 

Dalam mencurat-coret dinding , anak belajar membuat keputusan , misalnya dalam menentukan bentuk apa yang akan di gambarnya , lalu memilih warna .Pengalaman membuat keputusan dan pilihan dan perjalanan menciptakan karya seni merupakan proses yang menyenangkan." Ketika Mereka menjelajahi Dunia hayalan, Berfikir,Berexperimen dan mencoba id-ide baru, Keratifitas anak memiliki kesempatan untuk berkembang " kata Marry ann kohl Seseorang pendidik seni dan penulis sejumlah buku tentang pendidikan seni anak-anak,termasuk First Art For Toddiersand twos: Open-ended Art experience.

2.Melatih Motorik Halus

Menerut institut kesehatan nasional Amerika,perkembangan usia anak 3 tahun harus mencakup untuk menggambar lingkaran dn mulai menggunakan gunting khusus anak . Sekitar usia 4 tahun, anak-anak mungkin dapat menggambar persegi dan mulai memotong garis lurus dengan gunting. Gerakan dalam proses Mencoret,Misalnya menggenggam kuas, Krayon,atau spidol, sangat penting untuk pertumbuhan keterampilan motorik halus. Semakin sering berlatih mencoret , kemampuan menggenggam alat tulis anak semakin baik. Hal ini menguntungkan ketika anak mulai belajar menulis di sekolah.

3.Mengembangkan Kemampuan Berinofasi

Ketika anak-anak di dorong untuk mengekspresikan diri dan mengambil resiko dalam menciptakan seni, mereka mengembangkan kemampuan berinofasi yang penting dalam kehidupan mereka saat dewasa . " Mayarakat saat ini membutuhkan seseorang yang mampu berfikir maju dan inventif, bukan orang-orang yang hanya bisa mengikuti arah" Kata : Kohl."Seni adalah cara untuk menolong proses dan pengalaman berfikir serta membuat hal yang lebih baik" tegasnya.

4. Menambah Kosakata 

Untuk anak yang baru belajar bicara,mencorat coret memberikan kesempatan untuk mengenal kata-kata tentang warna ,bentuk, dan tindakan Misalnya, Orang tua dapat melakukan aktifias sederhana seperti membuat gambar lingkaran lalu menyebutkan " bola" .Ketika mulai lancar berbicara,anak bisa diminta mendeskripsikan bentuk,warna,dan maksud gambarnya.

5. Meningkatkan Fokus

Saat ini banyak restoran yang menyediakan kertas dan alat gambar bagi pengunjung anak anak . Kegiatan mencurat coret akan melatih anak untuk fokus pada satu kegiatan.Dengan fokus pada kegiatan menggambar,acara makan bisa berjalan lebih lancar karena anak betah duduk diam di bangkunya . Kemampuan untuk fokus juga sangat bermanfaat ketika anak duduk di bangku sekolah kelak.

Komentar