Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

11 Tempat Wisata Anak di Bandung 2017 yang Meng-edukasi

paling populer

Mau mengajak anak pergi berlibur?, terus bingung mencari tempat wisata yang tepat untuk anak-anak?. Buat kamu yang bertujuan berlibur ke kota Bandung, jangan khawatir!. Sebab, Bandung memiliki beberapa tempat menarik dan asik untuk menghibur si buah hati.

Tempat apa saja itu?. Mari kita simak sama-sama...


11 Tempat Wisata Anak di Bandung 2017 yang Meng-edukasi

1. Saung Angklung Udjo


saung angklung udjo
Sumber Foto: Joshua Notes
Buat kamu yang berniat mengenalkan  kesenian Sunda kepada anak-anak, maka ajaklah anakmu berlibur ke Saung Angklung Udjo. Berada di sana, anak-anak akan menonton berbagai pertunjukan kesenian, seperti Kuda Lumping dan Tari Jaipong. Serta mengenal instrumen tradisional, seperti suling, degung dan angklung.

Hebatnya, bukan hanya menonton. Tapi di sini, di akhir pertunjukan, para pengunjung akan diajak untuk ikut menari dan memainkan instrumen. Bergembira bersama-sama dalam balutan kesenian Sunda. Selain itu, para pengunjung diberikan kesempatan untuk belajar angklung.

Sedikit informasi buat kamu yang belum mengetahuinya...

Angklung merupakan instrumen musik yang unik, berasal dari Jawa Barat. Pembuatannya dari tabung bambu yang dirancang berjajar, saat digerakan, maka Angklung akan menghasilkan nada-nada pentatonis khas pemusikan Sunda.

Kembali ke Saung Angklung Udjo, kabarnya tempat ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalegana, sebagai penghormatannya untuk komunitas Sunda. Hingga saat ini, Saung Angklung Udjo telah berhasil meng-edukasi anak-anak daerah terhadap kesenian Sunda.

Lokasi: Jl. Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: 07:00 – 17:30
Tiket Masuk: Rp40.000 (Pelajar) dan Rp60.000 (Umum)
Telepon: 022-7271714

2. Kampung Batu Malakasari


kampung batu malakasari
Sumber Foto: Kampung Batu Malakasari
Dahulu, Kampung Batu Malakasari merupakan sebuah tempat penambangan yang terbengkalai. Namun, dirasa memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, sekelompok orang kreatif menyulapnya menjadi tempat wisata Bandung yang sangat digemari.

Saat berkunjung ke sini, anak-anak akan belajar tentang banyak hal, mulai dari ilmu geologi, kebudayaan Sunda, beternak atau belajar tentang ekosistem alam. Tentunya dengan cara yang aman dan menyenangkan.

Sebab, saat berada di Kampung Batu Malakasari, kamu dan anak-anak dapat mencoba menaiki perahu kayu sambil melihat hamparan bebatuan yang eksotis, menikmati panduan wisata yang akan membawamu kepada keajaiban-keajaiban alam, bermain ke peternakan untuk memahami bahwa organisme sekecil apapun dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan mempelajari kebudayaan Sunda dengan permainan dan tarian khas Sunda.

Selain itu, Kampung Batu Malakasari pun dilengkapi dengan Tectona Waterpark, sebuah area kolam yang diperuntukan untuk anak-anak. Soal keamanan?. Tidak usah khawatir, karena tim medis dan lifeguards selalu siap untuk memperhatikan para pengunjungnya.

Lokasi: Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari Kec. Bale Endah, Kab. Bandung, Jawa Barat
Tiket masuk: Rp10.000
Paket wisata pelajar: Rp90.000 per orang
Tektona waterpark: Rp30.000
Telepon: 022-72591042

3. Pinisi Resto di Lereng Anteng


pinisi resto di lereng anteng
Sumber Foto: Info bdg
Pinisi Resto menyajikan konsep yang berbeda di antara tempat makan lainnya. Saat berkunjung kemari, kamu dapat merasakan sensasi Makan di atas perahu kuno yang terdampar di sebuah danau sambil menyaksikan pemandangan alam yang luas dan udara yang sejuk di kawasan pegunungan. Asik banget, kan?.

Anak-anak bakalan senang bila diajak makan di Pinisi Resto. Sebab, konsep menu yang disajikan di sini sangat pas untuk berkumpul keluarga.

Bila kamu berniat mengunjungi rumah makan yang satu ini, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu. Sebab, Pinisi Resto sering ramai diserbu para pengunjung, takut-takut kamu gak kebagian tempat duduk saat berkunjung ke sana.

Lokasi: Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Telephone: 0821-8002-8888

4. Ranca Upas di Ciwidey


ranca upas ciwidey
Suber Foto: Airpaz Blog
Berada di lereng gunung Patuha yang memiliki indahnya Kawah Putih, Ranca Upas merupakan bumi perkemahan dan Balai Konservasi Penangkaran Rusa yang berada di tengah-tengah sejuknya udara pegunungan.

Saat berkunjung ke sini, anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang lucu, memberi makan dan bermain bersama rusa. Hal ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan untuk anak-anak.

Selain itu, Ranca Upas memiliki lahan yang luas untuk mendirikan tenda, pemandian air panas, berbagai wahana kegiatan outdoor dan rumah pohon. Soal tenda?, di sana terdapat tempat penyewaan tenda.

5. Lactasari Mini Farm dan Bird Farm di Paris Van Java


lactasari mini farm
Sumber Foto: Nita Strudwick
Siapa sangka di mall Paris Van Java ada 2 surga tersembunyi untuk anak-anak yang terletak di rooftop-nya. 2 surga tersebut bernama Lactasari Mini Farm dan Bird Farm.

Lactasari Mini Farm adalah kebun binatang mini, di sini, anak-anak akan belajar untuk menyayangi binatang, seperti memberi makan kelinci atau memberikan susu kepada anak kambing dan sapi. Tentunya dengan pengawasan para ahli.

Dengan membayar Rp. 60.000, kamu akan mendapatkan sayuran, celemek dan sebotol susu. Koleksi binatang yang dimiliki Lactasari Mini Farm di antaranya adalah kelinci, sapi, domba, anjing Siberian Huskies dan kambing.

Sementara Bird Farm memiliki koleksi berbagai jenis burung yang cantik dan menawan, termasuk burung-burung tropis dengan status langka. Saat mengunjungi tempat satu ini, suara kicauan burung akan terdengar mendamaikan hati.

Dengan membayar Rp. 29.000, kamu akan mendapatkan semangkuk belalang untuk memberi makan burung-burung di sana.

Lokasi: Jl. Sukajadi no. 131-139, Bandung, Jawa Barat 40162, Indonesia
Jam operasional: 10:00 - 22:00
Tiket masuk: Lactasari Mini Farm Rp60.000 - Bird Park Rp29.000

6. Bandung Carnival Land


bandung carnival land
Sumber Foto: Aneka Tempat Wisata
Pernah mendengar tentang Trans Studio?. Kemahalan?. Nah, di Bandung ada Trans Studio versi murah-meriahnya, bernama Bandung Carnival Land, dirancang oleh tim yang berada du balik Jawa Timur Park di kabupaten Malang. Kreatifitasnya sudah teruji bro!.

Meskipun areanya tidak terlalu luas, namun wahana permainan di Bandung Carnival Land sangat lengkap. Di sini, kamu dapat memacu adrenalin dengan mencoba Mangkok Tsunami atau Dragon Swing. Atau mau permainan yang berbau horor?, kamu dapat memasuki Rumah Hantu.

Selain wahana permainan di atas, anak-anak pun dapat mencoba beberapa wahana unik lainnya, seperti Rumah Kaca, Banyu Jamping, Komedi Putar, Bom-bom Car dan masih banyak lainnya. Saking banyaknya wahana di Bandung Carnival Land, para pengunjung menyebutnya dengan;


Sorganya anak-anak

Lokasi: Jl. Sirnagalih No. 15, Karangsetra, Bandung
Jam Operasional: 11:00 – 19:00 (hari kerja) dan 11:00 – 20:00 (hari libur)
Tiket Masuk: Rp40.000 (hari kerja) dan Rp50.000 (hari libur)
Telepon: 022-2038634

7. Kampung Gajah Wonderland


kampung gajah wonderland
Sumber Foto: Kuliner Wisata
Bukan tempat penangkaran gajah lho. Tapi Kampung Gajah Wonderland merupakan tempat liburan keluarga dengan tema park water adventure yang memiliki aktifitas wisata paling banyak di kabupaten Bandung. Hebatnya, Kampung Gajah Wonderland mempunyai waterpark sendiri.

Saat berada di sini, kamu dapat menyewa Segway untuk berkeliling di area seluas 60 hektar, mencoba mobil buggy atau ATV untuk melintasi medan berlumpur, dan menikmati permainan zip line yang meluncur sejauh 500 meter menuju lereng Lembang.

Sedangkan, fasilitas untuk anak-anak pun tidak kalah seru, mereka dapat menikmati taman ala Teletubies, mencoba mengayuh perahu di atas danau dengan pemandangan kece atau bermain air sepuasnya dengan menaiki Octopus Slide, Tornado Slide atau mengarungi tabung perosotan sepanjang 100 meter.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri Km.3,8 Lembang, Bandung, Jawa Barat
Tiket Masuk: Rp15.000 (hari kerja) dan Rp25.000 (hari libur)
Paket: Rp150.000 (hari kerja) dan Rp250.000 (hari libur)
Waterboom: Rp100.000 (hari kerja) dan Rp125.000 (hari libur)

8. Sheraton Bandung Hotel & Towers


sheraton bandung hotel and towers
Sumber Foto: HEYWABBIT
Sedang mencari penginapan yang ramah untuk si buah hati?. Menginaplah di Sheraton Bandung Hotel & Towers. Mereka pasti betah!.

Sheraton Bandung Hotel & Towers adalah sebuah tempat penginapan yang dirancang khusus dengan tujuan agar anak-anak betah saat berada di kawasannya. Jadi, para orang tua tidak lagi dipusingkan oleh keluhan anak yang merasa rindu kepada rumah.

Lihat saja beberapa fasilitas hotel yang dikhususkan untuk anak-anak. Mulai dari kolam renang dengan pelampung-pelampung raksasa yang berbentuk binatang, taman bunga yang cantik, taman bermain yang asik dan eskrim gratis yang diberikan cuma-cuma di setiap hari Sunday Brunch.

Selain itu, Sheraton Bandung Hotel & Towers pun memiliki fasilitas Kid's Club. Sebuah taman bermain yang dilengkapi dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Seperti mewarnai kaos, bermain trampolin, menyusun lego, mencoba perosotan, memberi makan kelinci, menunggangi kuda dan bermain bola di lapangan bola mini.

Sedangkan, fasilitas untuk orang dewasa pun tidak kalah keren, kamu dapat bersantai ria di Shine Spa sambil menikmati detoks di sauna. Bagaimana, fasilitas di Sheraton Bandung Hotel & Towers sangat lengkap bukan?. Pokoknya semua bakalan senang saat berkunjung ke sini.

Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda No.390, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
Paket keluarga: mulai dari Rp. 1.600.000
Telepon: 022-2500303

9. Park Hopping Bandung


park hopping bandung

Saat berkunjung ke Park Hopping Bandung, anak-anak akan mendapatkan edukasi tentang cara merawat bunga sambil menikmati pemandangan mengagumkan yang berupa hamparan bunga-bunga yang warna-warni. Kabarnya, taman satu ini memiliki koleksi ribuan jenis bunga.

10. The Farm House di Lembang


the farm house lembang
Sumber Foto: Reservasi Blog
Tempat liburan yang dibuka pada tahun 2016 ini sangat populer di kalangan wisatawan. Konsepnya mengadopsi dari Farm House yang berada di New Zealand. Sukses dalam menghadirkan suasana peternakan, pertanian dan perkebunan yang dilengkapi dengan kahadiran rumah Hobbit. Membuat kita merasa sedang berada di perkampungan kurcaci.

Dengan berbagai fasilitas yang disajikan, The Farm House adalah tempat yang sangat tepat untuk mengajak anak-anak pergi berlibur. Di sini, mereka bisa berlarian di area hutan yang luas yang udaranya sangat segar bagi pernafasan mereka.

Selain itu, The Farm House tempatnya instagramable banget lho!. Jangan lupa membawa handphone atau kamera untuk mengabadikan momen-momen bahagia keluargamu dan meng-uploadnya di Instagram.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No. 108, Lembang, Bandung
Jam operasional: 09:00 – 21:00
Tiket masuk: Rp20.000 (tiket dapat ditukar dengan makanan dan minuman)
Telephone: 022-82782400

11. Dusun Bambu Family Leisure Park


dusun bambu lembang
Sumber Foto: Millimakanmulu
Sebuah tempat liburan yang berada di tengah-tengah sejuknya udara dataran tinggi Lembang. Tempat ideal untuk mengenalkan alam kepada anak-anak, menjauhkan mereka dari hiruk pikuk kota dan beristirahat dari polusi jalanan perkotaan. Me-refresh kembali pikiran dan pernafasan si buah hati.

Fasilitas liburan di Dusun Bambu Family Leisure Park cukup lengkap, mulai dari tempat makan, penginapan, pasar khatulistiwa dan aneka wahana permainan yang mengasikan.

Saat berada di sini, kamu dapat bersepeda santai, naik balon udara atau mendayung perahu kano sambil menikmati pemandangan yang alami dan udara yang sangat segar.

Sedangkan, untuk pengunjung anak-anak. Dusun Bambu Family Leisure Park memiliki The Labyrinth, sebuah taman dengan fasilitas bermain yang lengkap dan menyenangkan. Cukup dengan membayar Rp. 50.000, anak-anak dapat bermain sampai puas.

Selain itu, kamu dan keluarga pun dapat menginap di Dusun Bambu Family Leisure Park. Kamu bisa menyewa sebuah pondok kayu yang berada di tepi sungai atau menyewa tenda dan mendirikannya di area yang memiliki pemandangan alam yang sangat keren.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
Jam operasional: 08:00-22:00 (penginapan 24 jam)
Tiket masuk: Rp15.000
Sewa tenda: Rp1.400.000
The Labyrinth: Rp. 50.000
Telephone: 022-82782020

Selesai...

Demikian adalah informasi tentang 11 tempat wisata anak di Bandung yang memberikan edukasi. Setelah membacanya, semoga kamu tidak bingung lagi soal mau ajak anak-anak kemana pas tiba hari weekend.

Komentar

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus

Posting Komentar