Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

Alamat Saung Angklung Udjo, Lengkap dengan Peta dan Rute Perjalanan

angklungMembicarakan tentang tempat wisata di Bandung memang tidak ada habisnya. Kali ini, selain serentetan wisata alam dan pusat perbelanjaan, kita akan mebahas tempat wisata budaya yang menjadi pusat pelestarian budaya kesenian di kota Bandung. Namanya adalah Saung Angklung Udjo.

Selain bersenang-senang, saat berkunjung ke Saung Angklung Udjo, kamu akan diajarkan memainkan alat musik tradisional angklung, merasakan kebersamaan, kekompakan dan rangsangan untuk terus melestarikan alat musik Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Yakni angklung.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?. eitss!, tunggu dulu, sebelum pergi berkunjung. Saya memiliki beberapa informasi yang kamu butuhkan sebelum berwisata ke Saung Angklung Udjo. Berikut di bawah ini.

Alamat Saung Angklung Udjo

Jalan Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192

Telephone: 022-2535898
Website: www.angklung-udjo.co.id

Peta Lokasi Saung Angklung Udjo

peta lokasi saung angklung udjo

Rute Perjalanan Menuju Saung Angklung Udjo

rute perjalanan menuju saung angklung udjo

Saung Angklung Udjo berada tidak jauh dari terminal Cicaheum, Bandung. Memang tidak ada angkutan umum yang berhenti persis di depannya. Namun kamu dapat menggunakan jasa ojek dari Surapati Core, Jl. PH.H. Mustofa, dari sana, jaraknya sekitar 300 meter.

Harga Tiket Masuk

Dewasa (wisatawan lokal): Rp. 60.000
Dewasa (wisatawan asing): Rp. 100.000
Pelajar (wisatawan lokal): Rp. 40.000
Pelajar (wisatawan asing) Rp.: 60.000
Anak-anak di bawah 3 tahun: gratis

Dengan membayar harga di atas, kamu akan mendapatkan makanan ringan, minuman bandrek/air mineral/es lilin dan kalung atau gantungan kunci yang berbentuk angklung.

Berbagai Kegiatan Asik Saat Berkunjung ke Saung Angklung Udjo

1. Menyaksikan Pertunjukan Seni

wayang

Setiap hari, Saung Angklung Udjo selalu mengadakan pertunjukan seni. Berikut adalah beberapa pertunjukan seni yang bisa kamu saksikan saat berkunjung ke sana.

  • Arumba (kombinasi antara tarian khas Sunda dengan alunan musik angklung)
  • Orkestra angklung (berbagai musik bisa dimainkan di sini, mulai dari pop, dangdut, bahkan jazz)
  • Wayang Golek
  • Heleran (sebuah upacara adat Sunda ketika datangnya musim panen)
  • Berbagai tarian tradisional (tari jaipong, topeng, saman, tor-tor dll)

2. Menari Bersama

Di penghujung pertunjukan, biasanya para pengunjung akan diajak untuk ikut menari bersama dalam lantunan musik tradisional Sunda.

3. Belajar Membuat Angklung

Saat berada di Saung Angklung Udjo, kamu bisa belajar membuat angklung, mengetahui setiap proses pembuatannya, mulai dari sekedar tabung-tabung bambu, sampai dapat menghasilkan suara nada-nada pentatonis.

4. Belajar Memainkan Angklung

Pengunjung pun diberi kesempatan untuk belajar memainkan angklung. Dengan metode yang mudah dan menyenangkan, dalam waktu singkat, biasanya para pengunjung sudah bisa memainkan beberapa lagu dengan angklung secara utuh.

5. Menginap

Bila dirasa masih betah, kamu dapat menyewa fasilitas penginapan di Saung Angklung Udjo. Tidur di tengah-tengah suasana kampung Sunda yang eksotis.

6. Membeli Cendera Mata

Rasanya kurang lengkap kalau pulang tanpa membawa cendera mata. Saat hendak pulang dari Saung Angklung Udjo, kamu dapat mengunjungi toko souvenir dan membeli beberapa cendera mata.

Menyenangkan bukan?. Setelah mengetahui informasi tentang alamat Saung Angklung Udjo, harga tiket masuk dan beberapa kegiatan asik di dalamnya, sekarang waktunya untuk mengunjunginya. Kapan? (nada ekspresi lugu, hehehe).

Komentar

  1. Apakah alat musik angklung nya bisa dibeli on line pak? sebab saya tinggal di Denpasar - Bali dan sangat jauh utk bisa datang kesana utk membeli angklung. Mohon bantuan infonya trimakasih banyak.
    Ibu Lenny

    BalasHapus

Posting Komentar