Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

angklung

Biasanya, saat kita berbicara tentang tempat wisata di kota Bandung, maka pembicaraan kita identik dengan wisata alam atau pusat perbelanjaan. Namun, nyatanya Bandung memiliki tempat wisata yang fokus terhadap kebudayaan dan kesenian Sunda. Tempat tersebut bernama Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo adalah sanggar budaya yang menarik perhatian para pengunjungnya dengan konsep 5M, yakni mendidik, menarik, mudah, massal dan murah.

Konsep tersebut sukses diterapkan dengan sempurna oleh pihak pengelola. Saat kamu berkunjung ke Saung Angklung Udjo, maka kamu akan belajar tentang luhurnya nilai-nilai budaya, menyaksikan pertunjukan kesenian Sunda yang sangat menarik dan belajar kesenian Sunda dengan cara yang mudah. Selain itu, harga tiket masuknya pun tergolong murah meriah. Benarkah?. Silakan dicermati dengan seksama!.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Dewasa (wisatawan lokal): Rp. 60.000
Dewasa (wisatawan asing): Rp. 100.000
Pelajar (wisatawan lokal): Rp. 40.000
Pelajar (wisatawan asing) Rp.: 60.000
Anak-anak di bawah 3 tahun: gratis

Tiket masuk yang kamu beli bisa ditukar dengan makanan ringan, minuman dan souvenir, berupa gantungan kunci yang berbentuk angklung. Harganya berlaku di sepanjang minggu, tidak mengenal hari libur atau hari kerja.

Selain itu, harga tiket tersebut sudah mencakup seluruh fasilitas yang tersedia di Saung Angklung Udjo. Mulai dari belajar membuat angklung dan memainkannya, menikmati suasana di kampung Sunda atau menyaksikan berbagai macam pertunjukan kesenian.

Pertunjukan Kesenian di Saung Angklung Udjo

pertunjukan kesenian di saung angklung udjo

Biasanya, pertunjukan kesenian di Saung Angklung Udjo dimulai pada pukul 15:30, tidak terpaku dengan permainan angklung saja, namun kamu juga dapat menyaksikan beberapa tarian tradisional, hingga pementasan wayang golek.

Berikut adalah beberapa pertunjukan yang bisa kamu saksikan di Saung Angklung Udjo;

1. Angklung Orkestra

Pada kesempatan ini, kamu dapat menikmati berbagai lantunan bermacam lagu yang diiringi dengan instrumen angklung. Bukan hanya lagu Sunda saja, namun lagu seperti dangdut, pop atau lagu daerah Indonesia pun bisa dimainkan di sini.

2. Bermain Angklung Bersama

Di akhir pertunjukan, para pengunjung akan diajak untuk berpartisipasi dalam pertunjukan orkestra angklung. Dengan intruksi dari pihak pengelola yang sangat ahli, dalam waktu singkat, biasanya para pengunjung sudah bisa memainkan beberapa lagu.

3. Pertunjukan Wayang Golek

Wayang Golek adalah seni sandiwara boneka kayu yang dimainkan oleh seorang dalang. Selain menampilkan tingkah jenaka dari setiap karakter di dalamnya, pementasan Wayang Golek juga selalu menyampaikan pesan moral kepada para penikmatnya.

4. Tari Topeng

tari topeng khas cirebon

Bukan hanya sebuah tarian biasa. Namun, tarian yang berasal dari Cirebon ini menceritakan tentang sejarah kerajaan Majapahit di masa silam.

Pertama-tama, para penari perempuan akan menari tanpa menggunakan topeng. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan topeng. Tarian ini bercerita tentang seorang perempuan yang merupakan utusan kerajaan Majapahit untuk mengalahkan kerajaan Blambangan yang kala itu dipimpin oleh Prabu Menakjingga. Kemudian utusan tersebut menyamar menjadi laki-laki yang gagah perkasa. Warna merah pada topeng tersebut adalah simbol dari keberanian atau karakter tempramental.

5. Heleran

Dalam sejarah Sunda, upacara tradisional yang bernama Heleran biasanya dimainkan pada acara khitanan atau saat musim panen tiba. Upacara Heleran dimainkan sebagai bentuk rasa sukur kepada sang pencipta dan pemberi. Musik yang dimainkan dalam upacara adat ini adalah angklung yang bernada pentatonis, menggambarkan rasa semangat dan kegembiraan.

6. Menari Bersama-sama

Di akhir pertunjukan, semua pengunjung akan diajak untuk menari bersama dalam lantunan pemusikan khas Sunda.

Fasilitas Saung Angklung Udjo

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Penginapan
  • Toko souvenir
  • Dapur Udjo (tempat makan khas Sunda)
  • Buruan Sari Asih (tempat bersantai)
  • Bale Karesemen (ruang pertunjukan)

Selesai...

Demikian adalah informasi tentang harga tiket masuk Saung Angklung Udjo yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat membantumu yang hendak pergi berlibur ke pusat pelestarian budaya dan kesenian Sunda ini.

Komentar