Punclut Bandung, Sebuah Surga Kuliner di Malam Hari

Saung Angklung Udjo, Wisata Kebudayaan Seni Sunda

angklung

Kota Bandung dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Tidak heran para wisatawan menjadikan kota Bandung sebagai pilihan saat menghabiskan masa liburan. Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke Bandung, tapi merasa bosan dengan kegiatan belanja atau kuliner, maka kamu dapat memilih sebuah sanggar kebudayaan yang sangat terkenal, yaitu Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo, Wisata Kebudayaan Seni Sunda

Hal yang menjadikannya sangat istimewa adalah kepeduliannya terhadapat kelestarian budaya dan kesenian Sunda. Juga dikenal sebagai tempat wisata budaya yang memiliki fasilitas hiburan lengkap, mulai dari berbagai pertunjukan kesenian, workshop alat musik berbahan bambu dan pusat kerajinan bambu.

Semakin hari, pengunjung Saung Angklung Udjo semakin ramai. Bahkan, menurut sang CEO, Taufik Hidayat Udjo.

Dalam satu hari, mereka dapat memainkan pertunjukan hingga 5 kali. Terkadang, sebagai tempat wisata anak di Bandung yang amat populer, karena daya tampung tempatnya yang terbatas, dia harus menolak ribuan siswa yang hendak melakukan studi tour ke sana.

Apakah kamu tertarik pergi berkunjung ke Saung Angklung Udjo?. Bila benar, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi yang telah saya siapkan di bawah ini.

Alamat Saung Angklung Udjo

alamat saung angklung udjo

Lokasi Saung Angklung Udjo berada di Jl. Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat. Agar lebih mudah menemukannya, kamu dapat menggunakan Google Maps yang ada dalam smartphone kesayanganmu.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Untuk menyaksikan pertunjukan kesenian Sunda, belajar seni musik Sunda, belajar membuat angklung dan mengikuti segala aktifitas di sanggar budaya ini. Tarif yang diterapkan tidak terlalu mahal. Yakni;

Dewasa (wisatawan lokal): Rp. 60.000
Dewasa (wisatawan asing): Rp. 100.000
Pelajar (wisatawan lokal): Rp. 40.000
Pelajar (wisatawan asing) Rp.: 60.000
Anak-anak di bawah 3 tahun: gratis

Harga tersebut berlaku sepanjang minggu, tidak mengenal hari kerja atau hari libur. Tiket yang kamu dapatkan bisa ditukar dengan makanan ringan dan minuman, serta gantungan kunci yang berbentuk angklung.

Jadwal Saung Angklung Udjo

Pada setiap harinya, pertunjukan di Saung Angklung Udjo biasanya dimulai pada pukul 15:30 WIB. Pertunjukan dibagi menjadi 9 sesi yang berbeda. Beberapa sesi membolehkan para pengunjung untuk ikut memainkan musik kesenian dan menari bersama-sama.

Fasilitas yang Terdapat di Saung Angklung Udjo

fasilitas di saung angklung udjo

Saat kamu berkunjung ke Saung Angklung Udjo dan membayar tiket masuk, fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan?. Ini dia ulasannya;

1. Dapur Udjo

Sebagaimana namanya, di sini kamu dapat mengganjal perutmu saat merasa lapar setelah melakukan aktifitas kesenian. Dapur Udjo merupakan tempat makan yang menyajikan makanan-makanan khas Sunda yang sangat enak dan lezat. Tentunya dengan harga yang ramah di saku.

2. Bale Karesemen

Bale Karesemen digunakan sebagai ruangan pertunjukan. Bahan properti yang ada di ruangan ini didominasi oleh bambu, mulai dari kursi, panggung dan pernak-pernik lainnya. Asal kamu tau, udara di sini sangat adem dan nyaman.

3. Pusat Produksi Angklung di Indonesia

Saat berada di Saung Angklung Udjo, kamu dapat mengunjungi pusat produksi angklung terbesar di Indonesia. Serta mengetahui proses pembuatan angklung dari bahan tabung bambu, hingga dapat menghasilkan nada-nada pentatonis khas pemusikan Sunda.

4. Buruan Sari Asih

Sebuah tempat untuk bersantai sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan yang alami.

5. Sentra Penyuluhan Kehutanan

Bekerja sama dengan departemen kehutanan, Saung Angklung Udjo akan memberikan penyuluhan agar kita senantiasa merawat alam sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan sekitar.

6. Fasilitas Penunjang Lainnya

  • Area parkir yang luas
  • Toko souvenir
  • Kamar mandi
  • Penginapan

Kegiatan Menyenangkan Saat Berkunjung ke Saung Angklung Udjo

Selain ditunjang oleh fasilitas yang amat lengkap, kunjunganmu ke Saung Angklung Udjo akan lebih menyenangkan saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.

1. Menonton Pertunjukan Seni

tari topeng

Hal yang paling istimewa di Saung Angklung Udjo adalah pertunjukan kesenian Sunda yang dipertontonkan setiap hari. Biasanya, di akhir pertunjukan, para pengunjung akan diajak untuk bergabung menari bersama-sama. Beberapa pertunjukan yang bisa kamu nikmati di antaranya adalah;

  • Demonstrasi Wayang Golek
  • Helaran
  • Tari Topeng
  • Angklung orkestra
  • Bermain angklung bersama
  • Tari Jaipong

2. Menikmati Damainya Perkampungan Sunda

Hal ini dapat menjadi ajang nostalgia bagi kolot Sunda (orang tua), di taman bernama Buruan Sari Asih yang berada di belakang, kamu dapat menikmati damainya perkampungan Sunda, kembali merasakan betapa asrinya tanah Sunda.

3. Belajar Membuat Angklung

Sebagai pusat produksi angklung, di Saung Angklung Udjo, kamu dapat belajar membuat angklung. Mulai dari hanya tabung bambu yang biasa saja, menjadi sebuah alat musik yang mampu menghasilkan suara yang luar biasa.

4. Workshop Angklung

Selain belajar membuat angklung, kamu pun dapat belajar memainkannya dan menambah pengetahuan tentang segala hal yang berhubungan dengan instrumen musik khas Sunda ini. Setelah membuat dan memainkannya, kamu diperbolehkan membawa pulang angklung buatanmu. Asik, kan?.

5. Menginap di Guest House

Bila masih betah di Saung Angklung Udjo, kamu bisa bermalam di Guest House yang disediakan oleh pihak pengelola. Saat menginap di sini, kamu bakalan tidur di tengah-tengah suasana budaya Sunda yang amat tentram.

6. Membeli Souvenir Khas Saung Angklung Udjo

Rasanya tidak lengkap jika pulang dengan tangan kosong. Di Saung Angklung Udjo, saat hendak pulang, kamu dapat membeli beberapa cendra mata khas Saung Angklung Udjo, semisal gantungan kunci, wayang golek, alat musik tradisional dan berbagai macam kerajinan tangan lainnya.

Sejarah Saung Angklung Udjo

Tidak terasa, ulasan kita tentang Saung Angklung Udjo sudah sangat panjang. Baiklah, untuk mempercepatnya, saya akan menceritakan sejarah Saung Angklung Udjo secara singkat.

Kabarnya, Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalegana, sebagai penghormatannya untuk komunitas Sunda. Hingga saat ini, Saung Angklung Udjo telah berhasil meng-edukasi anak-anak daerah terhadap kesenian Sunda.

Selesai...

Meskipun merasa sedih, sepertinya ulasan tentang Saung Angklung Udjo yang merupakan wisata kebudayaan seni Sunda harus berakhir sampai di sini. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat.

Komentar